Kamis, 24 Mei 2012

Solusi Mengatasi Komputer Sering Hang



Sering kali komputer kita tiba-tiba berhenti bekerja. Pastinya hal ini sangat mengganggu dan terlebih lagi bila kita sedang mengerjakan sesuatu yang sangat penting pastinya akan sangat marah. Kali ini saya ingin berbagi tips solusi untuk mengatasi komputer sering hang.

Penyebab komputer hang

Ada beberapa hal penting yang menyebabkan komputer kita sering hang, yaitu :
  • Temperatur pada komponen proccessor / motherboard terlalu tinggi.
  • Ada kerusakan pada drive hard disk, hal yang menjadi masalah pada hard disk biasanya ada file system yang dibutuhkan oleh sistem operasi tidak bisa diakses atau hilang.

Untuk mengatasi hal ini, ikuti beberapa langkah perbaikan berikut :

Sistem Pendingin

Lakukan pengecekan pada sistem pendingin komputer masih bekerja baik atau tidak, terutama anda  harus memperhatikan pendingin processor. Bersihkan semua kipas pendingin yang ada di dalam komputer, terutama kipas pendingin processor.

Selain membersihkan kipas-kipas pendingin, lakukan pengecekan pada pasta processor. Mungkin para kipas pendingin sudah bekerja dengan baik, tapi bila pasta yang ada di tengah-tengah proccessor dan kipas processor itu kering temperatur processor akan cepat panas.


Memperbaiki File pada Hard Disk

Lakukan proses check disk pada hard disk, windows sudah menyediakan menyediakan fasilitas ini.

 tekan WinKey + R >> ketik “cmd” lalu enter

makan window command promt akan keluar, kemudian

ketik “chkdsk” lalu enter, ini adalah perintah untuk checkdisk dan bila terdapat error pada hard disk, secara otomatis akan di perbaiki.

sesudah melakukan beberapa langkah di atas, maka komputer anda sudah selesai diperbaiki dari masalah hang.

Tapi jangan lupa juga lakukan Defragmentation pada hard disk. Ini adalah sebuah proses untuk mengatur susunan file dalam harddisk.


Bila anda sudah melakukan beberapa tips diatas, dan komputer anda masih saja sering mengalami hang, mungkin anda harus membeli komputer baru. Karena kemungkinan ada kerusakan pada motherboard atau hard disk atau processor. Biaya membeli perangkat komputer baru dengan membeli beberapa part komputer tidak berbeda jauh.

Mungkin kita bisa mendapatkan part komputer bekas dengan murah, tetapi saya tidak akan mengambil resiko tinggi dengan membeli part komputer bekas.

Demikian, semoga bisa bermanfaat.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar