Kamis, 12 April 2012

Pengertian Autorun.inf dan Cara Menghapusnya


Setelah sebelumnya saya mencoba untuk berbagi gimana cara mencegah malware dari USB Drive/Flashdisk yang berjalan melalui autorun. Kini saya akan memberikan lagi tips jitu untuk mematikan ataurun menghapus virus autotun.inf yang biasanya terdapat dalam flashdisk kita.Apakah Autorun.inf itu ?
Autorun.inf “mungkin” salah satu virus yang sulit sekali untuk dibasmi, apalagi autorun.inf ini tidak bisa dibaca oleh antvirus apapaun. Memang ada yang menganggap dengan memasang antivirus Ansav, bisa membaca sekaligus membasmi virus yang cukup menjengkelkan ini. Namun ada juga yang bilang, jika sebuah PC/laptop terpasang Ansav dan membaca autorun.inf, PC.laptop tersebut akan macet dan berhenti bekerja. Kemudian autoun.inf ini akan menggandakan folder-folder atau file-fike menjadi shortcut yang pasti akan membuat anda kesal.

Memang sebenarnya saya sendiri masih belum mengerti betul apa itu autoruni.inf. Setelah baca-baca di blog tetangga, bukannya saya langsung ngerti tapi malah membuat saya bingung 99 keliling. Maklum saja, banyak orang yang mengartikan apa itu auotun,inf, ada yang bilang virus ada juga yang bilang bukan virus.

Menurut  situs ebsoft.web.id, autorun.inf adalah file yang berupa teks file yang berisi instruksi tertentu, tentang apa yang otomatis dijalankan ketika media seperti flashdisk/CD dimasukkan ke komputer. Instruksi ini dapat berupa perintah untuk menjalankan file exe. Namun ada juga yang berpendapat, autorun.inf ini merupakan sebuah virus yang masuk ke dalam sistem Windows melalui USB Drive/CD-ROOM/DVD-ROOM dll. Virus ini menginfeksi sistem saat fitur autorun atau autoplay berjalan ketika kita memasukan USB Drive/CD-ROOM/DVD-ROOM/dll ke dalam PC/laptop kita.


Jika anda menginginkan untuk menghapus ataupun mematikan auotorun.inf ini dengan mudah dan tidak ribet. Anda cukup mendownload sebuah aplikasi free tidak berbayar. Aplikasi ini bernama Autorun Kicker, memiliki fungsi untuk memberikan notifikasi jika menemukan file autorun.inf. Berikuti ini cara-caranya yang mungkinn bisa membantu anda :
1. Download aplikasinya di http://www.softpedia.com/progDownload/Autorun-kicker-Download-154677.html
2. Jalankan aplikasi tersebut dan akan ada tampilan seperti gambar di bawah. Atur sesuai screenshot di bawah ini agar Autorun bisa mati dan tidak berjalan. Jangan mencentang Launch at startup, ini dikarenakan sama saja anda memberikan fasilitas untuk selalu menjalankan Autorun di Windows anda. Untuk Network Drive, boleh tidak dicentang, karena ini mungkin berhubungan langsung dengan modem yang anda gunakan.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar