Kamis, 12 April 2012

Review Kaspersky Internet Security 2012


Tidak ada lagi Jackie Chan sebagai duta Kaspersky. Posisinya digantikan oleh Ferrari. Apakah ini menandakan peranti lunak sekuriti asal Rusia ini tinggal menyisakan kecepatan, tapi tak lagi tangguh?
Beberapa waktu lalu, citra Jackie Chan seakan lekat dengan produk-produk Kaspersky. Kelekatan ini wajar saja mengingat wajah aktor laga asal Hong Kong tersebut hampir selalu muncul pada setiap program promosi (yang dilaksanakan vendor aplikasi keamanan asal Rusia ini).
Namun, sejak tahun ini, Kaspersky lebih memajukan Scuderia Ferrari, tim balap Formula 1 asal Italia. Hal ini dilakukan seiring beberapa perubahan yang terjadi pada produk sekuriti terbaru mereka, Kaspersky Internet Security (KIS) 2012. Apakah semua menjadi lebih kencang layaknya mobil balap? Mari kita lihat satu per satu.
Bermula dari instalasi, prosesnya memang tergolong cepat. Dengan setelan default, aplikasi KIS 2012 sudah siap dioperasikan cukup dalam waktu dua menit. Akan tetapi, bagi pengguna yang lebih ahli, Kaspersky pun menyediakan pilihan jika ingin mengonfigurasi setelan sesuai kebutuhan.
Perlu diperhatikan, dalam proses instalasi, KIS bakal mendeteksi sistem operasi untuk memeriksa jika ada aplikasi yang tidak kompatibel dengannya. Umumnya, sih, aplikasi semacam itu merupakan software sekuriti lainnya (daftar lengkapnya dapat dilihat di situs Kaspersky). Jika menemukan aplikasi yang tidak kompatibel, secara otomatis, KIS akan menghapus program tersebut.
Jendela utama KIS 2012 mengalami perombakan total (total face-off)–sangat berbeda dibandingkan versi-versi sebelumnya. Diperlukan sedikit proses adaptasi untuk memahami antarmuka baru ini, tapi kami menyukainya. Status perlindungan sistem, meliputi jenis ancaman, versi basis data malware, dan masa berakhirnya lisensi, memperoleh fokus di tengah. Demikian pula fungsi-fungsi penting seperti Scan, Update, Parental Control, dan fungsi baru: Cloud Protection.
Seluruh fungsi utama KIS 2012 ditampilkan dalam wujud ikon-ikon berukuran besar. Hal ini rupanya disengaja karena KIS 2012 dirancang untuk bersahabat dengan layar sentuh. Aksesnya juga lebih cepat saat dilakukan dari jendela utama.
Selain feature umum seperti antivirus dan anti-spam, KIS 2012 memuat pula beberapa feature menarik, antara lain Safe Run dan Safe Web (menjalankan aplikasi dan peramban web di “mesin virtual”, mirip sandbox), Applications Activity (memantau konsumsi memori), Network Monitor (memantau keluar masuk data di jaringan), dan Virtual Keyboard (mencegah keylogging).
Bagaimana dengan kinerjanya? Secara keseluruhan, KIS 2012 tampil memuaskan. Uji simulasi PCFlank yang mencakup tes Exploit (DoS), Stealth (uji firewall), dan Trojans berhasil dilalui dengan baik. Laporan lab independen AV-Test juga mencantumkan nilai sempurna (6/6) untuk Protection, nilai 4,5/6 untuk Repair, dan 5/6 untuk Usability.
Pemindaian penuh terhadap tiga hard disk berisi 205 GB mampu diselesaikan dalam durasi 1 jam 19 menit. Yang menggembirakan, selama proses berjalan, memori yang dikonsumsi hanya sekitar 30-an MB sehingga tidak memberatkan kinerja sistem.
(Erry FP)
****
Kaspersky Internet Security 2012 mengusung sejumlah perubahan. Yang utama terlihat dari penampilan, tapi tanpa melupakan penambahan kegunaan, khususnya perlindungan berbasis “awan”. Kinerjanya bak mobil Ferrari, kencang dan tangguh, walau sudah tak ada Jackie Chan.

Spesifikasi Kaspersky Internet Security 2012
Lisensi
Rp275.000 (1 user)/Rp396.000 (3 user)
Situs
Pengembang
Kaspersky Lab
Sistem Operasi
Windows XP/Vista/7


Proteksi Berbasis Reputasi
 
Akhirnya Kaspersky menerapkan proteksi berbasis reputasi di KIS 2012. Sebelum diunduh, keamanan sebuah file akan dideteksi lebih dulu berdasarkan basis data file aman/berbahaya milik pengguna Kaspersky di seluruh dunia (yang tergabung dalam Kaspersky Security Network).

Parental Control

Mengawasi anak-anak dalam beraktivitas di internet bisa dilakukan lewat fungsi ini. Kita dapat mengatur durasi akses ke PC dan internet berdasarkan jenis akun, situs yang boleh dikunjungi, berkas yang bisa diunduh, sampai melakukan perekaman percakapan yang dilakukan di instant messenger dan jejaring sosial.

Ornamen Desktop

Saat pertama kali menginstalasi KIS 2012, di pojok kanan atas desktop bakal muncul ikon berbentuk PC yang disebut Kaspersky Desktop Gadget. Di sini kita dapat secara cepat melihat status keamanan sistem (ditandai warna hijau/kuning/merah) dan mengakses cepat beberapa fungsi yang bisa dikustomisasi.


Plus
    
: Perubahan tampilan menjadi lebih simpel dan menarik; ada proteksi berbasis reputasi (Cloud Protection); hemat memori
Minus : Harga lisensi cukup mahal

Skor Penilaian
-
Penggunaan    : 4,25
- Kinerja              : 4,25
- Fasilitas           : 4
- Harga               : 3,7
- Skor total          : 4,09

sumber :www.infokomputer.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar